Informasi Berbagai Macam Manfaat bagi Kita

Resep Membuat Donat Panggang Coklat Berlapis Yang Unik

Anak-anak biasanya menyukai makanan yang unik, seperti salah satunya adalah kue donat lapis. Anda dapat membuatkan camilan sendiri untuk si kecil agar mereka tidak sembarangan jajan di luar. Resep Membuat Donat Panggang Coklat Berlapis dapat menjadi resep andalan Anda untuk membuat si kecil tetap sehat dengan mengkonsumsi makanan buatan Anda sendiri. Donat ini dapat dimakan di rumah bersama keluarga maupun untuk bekal si kecil pergi ke sekolah. Membuat sendiri donat kesukaan anak biayanya akan lebih murah dibandingkan dengan membeli, dan tentu saja lebih aman. Apalagi resep donat ini adalah akan menghasilkan donat yang rasanya berlapis-lapis, pasti si kecil suka.

Resep Donat Panggang Coklat Berlapis 19
Resep Donat Panggang Coklat Berlapis 19

Resep Membuat Donat Panggang Coklat Berlapis Untuk Keluarga

Pertama-tama, dalam membuat Resep Membuat Donat Panggang Coklat Berlapis adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Pada dasarnya, bahan-bahan untuk membuat donat lapis cokelat ini sama seperti membuat donat pada umumnya, namun resep kali ini unik karena dipadukan dengan beberapa lapis bahan sehingga rasanya juga berlapis-lapis. Donat yang satu ini juga akan mempunyai bentuk yang unik yang dijamin anak-anak pasti menyukainya.

Bahan-Bahan Resep Membuat Donat Panggang Coklat Berlapis :

• 500 gram tepung terigu
• 150 gram pisang ambon
• 1 butir telur
• 50 gram gula pasir yang halus
• 2 sdm ragi instan
• 100 gram margarine
• 100 ml air
• garam secukupnya
• emulsier

Bahan Isi:

• 200 gram cokelat masak
• 100 ml susu cair
• Kismis atau kacang tanah sangrai bila suka

Bahan Celupan:

• 100 gram cokelat masak, lelehkan

Cara membuat resep membuat donat panggang coklat berlapis didahului dengan membuat isinya terlebih dahulu. Lelehkan cokelat masak. Di sisi lain, masak susu di atas api sedang sampai mendidih. Matikan api dan tuangkan susu secara perlahan yang telah mendidih ke atas cokelat leleh. Apabila Anda suka, Anda dapat menambahkan kismis atau kacang tanah sangrai yang telah dihancurkan. Dinginkan adonan isi, lalu bentuk menjadi seperti bola-bola kecil. Ini sebagai bahan isi resep donat panggang.

Kemudian untuk membuat bahan utama donatnya yaitu haluskan pisang ambon, sisihkan. Campurkan tepung terigu, gula pasir halus, dan ragi instan dalam satu wadah. Selanjugnya, campurkan dengan diaduk hingga rata. Masukkan pisang ambon yang telah dihaluskan, emulsifier, telur dan air. Setelah semua tercampur rata, uleni sampai kalis. Memang resep membuat donat panggang coklat berlapis langkah-langkahnya bertahap, seperti namanya yang juga berlapis-lapis. Setelah kalis, tambahkan garam dan margarine. Campur dan uleni sampai adonan menjadi elastic. Diamkan sekitar 30 menit. Resep donat panggang lapis cokelat memang ada beberapa tahap, tetapi mudah sekali melakukannya tanpa ribet.

Setelah adonan donat didiamkan, kini saatnya untuk membentuk menjadi donat sungguhan. Pertama, kempiskan adonan terlebih dahulu karena setelah didiamkan adonan akan mengembang. Ambil adonan sedikit demi sedikit masing-masing 15 gram. Bulatkan, lalu diamkan lagi sekitar 10-15 menit. Setelah itu, pipihkan masing-masing adonan satu per satu. Beri adonan isi, lalu bentuk menjadi bulat kembali. Letakkan pada Loyang yang alasnya sudah ditaburi tepung. Buat jarak ketika meletakkannya pada Loyang. Diamkan kembali selama 15 menit. Resep membuat donat panggang coklat berlapis selanjutnya adalah memanggangnya di dalam oven atau di atas wajan anti lengket sampai matang dan berwarna kecokelatan. Setelah dingin, celup setengah bagian cokelat ke dalam cokelat masak yang telah dilelehkan. Kalau Anda suka, dapat menusuk dengan tusuk sate masing-masing 3 atau 4 buah donat. Sajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *