Sering Gagal Diet? Cari Tahu Penyebabnya Di Sini!

Ladies, sadarkan Anda bahwasannya semua makhluk hidup akan membutuhkan atau hidup dari nutrisi? Tanaman mendapat nutrisi dari tanah, binatang pun mendapatkan nutrisi dari tanaman, atau binatang lainnya, dan manusia akan mendapatkan nutrisi dari tanaman serta binatang. Nah, jika berbicara mengenai nutrisi, ada kaitannya dengan diet, lho!

Kebanyakan, diet yang sering dilakukan berdasarkan 3 aturan dasar seperti dengan mengurangi asupan kalori, mengatur asupan berbagai macam nutrisi penting (rendah lemak dan rendah karbohidrat), dan juga membatasi atau pun mengurangi kelompok makan makanan tertentu (contohnya saja hanya makan sayur atau hanya makan buah). Teorinya adalah dengan mengikuti salah satu atau pun dari ketiga aturan tersebut, maka Ana akan dapat mengurangi berat badan dan juga merasa lebih sehat. Namun, faktanya, bisa berhasil dan bisa juga tidak. Jika pun berhasil, apakah bisa bertahan lama?

Justru yang seringkali diabaikan dalam suatu program diet ini adalah mencukupi semua nutrisi tersebut demi membantu Anda dalam mewujudkan penurunkan berat badan, yang mana nutrisi-nutrisi tersebut meliputi vitamin, mineral, asam lemak, dan juga asam amino.

Mira Calton adalah seorang penulis dari The Micronutrient Miracle, tengah menjelaskan bahwasannya “Wanita yang sudah dhujani dengan berbagai tuntutan untuk membatasi asupan kalori, lemak, karbohidrat, dan protein untuk bisa mendapatkan berat badan ideal. Walaupun yang telah kita ketahui ada sebuah misteri yang hingga kini masih belum terpecahkan, akan tetapi kini ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwasannya asupan mikronutrein sangatlah penting, bahkan sangat diperlukan dalam proses mencapai berat badan yang ideal, dan juga tetap sehat walaupun bertambah tua”.

Lantas, apa itu mikrinutrein? Menurut foodtech.binus.ac.id menyatakan bahwasannya mikronutrien (zat gizi mikro) merupakan zat gizi yang telah dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit, akan tetapi memiliki peranan yang cukup penting di dalam pembentukan hormon, aktifitas enzim dan mengatur fungsi sistem imun serta sistem reproduksi. Yang termasuk mikronutrien ini adalah vitamin (baik yang larut air atau pun larut lemak) dan juga mineral. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang menjadi penyebab Anda kekurangan mikronutrien sehingga Anda seringkali gagal diet. Penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ini penyebab utama Anda gagal diet

Makanan olahan

Makanan olahan yang menjadi penyebab utama gagal diet adalah mie instan, sereal, olahan daging, keju, roti, dan lain sebagainya, serta pemanis buatan, sebab makanan tersebut dikenal sangat kurang mengandung mikronutrien. Dibuat dengan tujuan untuk memberikan kemudahan buat Anda, makanan olahan kehilangan banyak sekali nutrisi melalui proses pembuatannya yang cukup panjang.

Diet dengan pembatasan tertentu

Ada banyak orang yang melakukan diet tertentu, contohnya tidak makan daging, hanya makan buah atau sayur, dan lain sebagainya. Sementarra itu mereka tidak menyadari bahwasannya mereka membatasi diri dari makan makanan yang kaya akan mikronutrien.

Makan makanan dengan kualitas rendah

Contohnya, sayur atau pun daging yang tidak segar, daging yang berasal dari binatang yang kurang sehat, dan lainnya. Biasanya rendah nutrisi dan juga bisa mengandung racun.

Stress

Stress ternyata juga bisa mengurangi berbagai mikronutrien, lho. Walaupun banyak hal yang menjadi penyebab stress, akan tetapi ada sumber stress yang dapat Anda kendalikan, seperti apa yang Anda makan.

Racun

Racun bisa mengurangi mikronutrien di dalam tubuh Anda, dan justru hal ini akan menambah jumlah dari mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Racun dapat berasal dari mana saja, termasuk minuman, makanan, kebersihan diri, dan juga berbagai produk kebersihan.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu justru akan berdampak pada kebutuhan mikronutrien yang ada di dalam tubuh Anda, lho.

Gangguan pencernaan

Walaupun Anda tidak membatasi makan makanan tertentu saja, akan tetapi bila Anda mengalami gangguan pencernaan, nutrisi tidak akan bisa terserap dengan baik, serta membuat Anda cenderung kekurangan nutrisi. Terlalu banyak konsumsi antibiotik, makanan olahan, stress, alkohol, dan juga kurang memperhatikan apa yang Anda makan, bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk bisa menyerap nutrisi dari makanan Anda.

Nah, itulah tadi penyebab Anda sering gagal diet yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *