Tips Memilih Tempat Resepsi Pernikahan

Memilih tempat resepsi pernikahan sedianya dilakukan pada tahap awal persiapan pernikahan Anda. Tempat resepsi pernikahan akan menentukan banyak hal, terutama dari sisi catering dan tentunya biaya. Saat ini banyak tersedia tempat resepsi pernikahan untuk Anda yang ingin melangsungkan resepsi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Saat menentukan tempat resepsi pernikahan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selain tentunya ketersediaan tempat tersebut pada hari dan tanggal yang Anda inginkan.

1. Tanggal pernikahan Anda

Sebagian orang masih menginginkan untuk menikah di “hari baik” sesuai perhitungan keluarga besar. Sebagian ingin menikah di tanggal cantik seperti “31.1.13” atau “1.3.13”. Jika tanggal yang Anda inginkan berbarengan dengan tanggal-tanggal seperti ini, Anda sebaiknya mulai mencari tempat resepsi pernikahan setahun sebelumnya. Jika tanggal yang Anda inginkan tidak berbarengan dengan tanggal ini, Anda akan lebih leluasa mencari tempat resepsi pernikahan.

2. Jumlah undangan

Setelah menentukan tanggal pernikahan Anda, segera tentukan jumlah undangan Anda. Selain teman-teman Anda dan calon, diskusikan Untuk undangan dengan jumlah besar atau di atas 700 orang, Anda bisa memilih berbagai macam balai tempat resepsi pernikahan atau gedung-gedung departemen pemerintah. Jika jumlah undangan Anda berkisar antara 500 atau 600 orang, Anda bisa memilih masjid untuk Anda yang beragama Muslim, atau gedung-gedung kampus berkapasitas medium. Jika undangan Anda hanya 100-200 orang, Anda bisa menyewa rumah pernikahan untuk acara Anda.

3. Fasilitas akad dan resepsi pernikahan

Ketika memilih gedung untuk acara resepsi pernikahan Anda, pastikan fasilitas apa saja yang diberikan oleh gedung tersebut dan biayanya. Fasilitas yang umum adalah ruang rias wanita, ruang rias pria, kursi, lapangan parkir, dapur dan penerangan. Jika gedung yang Anda akan sewa tidak memiliki satu atau beberapa fasilitas gedung yang disebut sebelumnya, buat rencana lain jauh-jauh hari sebelum resepsi. Misalnya, jika tidak memiliki tempat parkir, cari lahan kosong atau tempat yang dapat disewakan untuk parkir para tamu.

4. Biaya tambahan

Setiap gedung memiliki rekanan catering, rias, dekorasi maupun fotografi. Jika vendor yang ingin Anda sewa tidak termasuk dalam rekanan mereka, pastikan lagi berapa dan siapa yang akan membayar biaya tambahannya. Sebelum menyewa gedung ataupun vendor, ada baiknya Anda mencari informasi lengkap tentang rekanan, baik melalui website ataupun telepon.

5. Lokasi gedung

Lokasi gedung bukan hanya jadi pertimbangan untuk keluatga pengantin, tapi juga pertimbangan para tamu. Untuk Anda yang mengadakan resepsi pernikahan di gedung pernikahan atau gedung departemen, maka pastikan bahwa sudah ada koordinasi dengan pengatur parkir di tempat Anda menyewa, sehingga ketika undangan bertanya “Ini resepsi pernikahan X dan Y ya?”, mereka bisa dengan sigap menjawab. Jika Anda mengadakan acara pernikahan di rumah atau gedung di luar kota, buatlah peta sejelas mungkin lengkap dengan patokan yang mudah dilihat. Jangan lupa janur Anda dilengkapi dengan nama Anda dan pasangan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *